Sabtu, 22 September 2012

Keunggulan Penggunaan Mortar Instan Sebagai Bahan Bangunan

Saat ini penggunaan mortar instan sebagai bahan bangunan makin banyak dijumpai, baik dalam pembangunan proyek skala besar maupun kecil seperti rumah tinggal.

Mortar instan seolah mulai menggeser penggunaan adukan mortar tradisional yang terdiri dari semen dan pasir dengan komposisi tertentu. Sebenarnya apakah keunggulan penggunaan mortar instan tersebut? 

Keunggulan penggunaan mortar instan baik untuk pasangan dinding, perekat keramik, plesteran dan acian, dll antara lain adalah sebagai berikut : 

PRAKTIS (INSTAN) 
Pemakaian mortar instan sangat mudah, tinggal ditambahkan air dalam jumlah tertentu dan diaduk saja samapai rata. 

JAMINAN KUALITAS BAHAN BAKU DAN KONSISTENSI MUTU MATERIAL 
Mortar instan terdiri dari bahan baku yang sudah melalui proses quality control, yang selanjutnya diproses dengan mesin sehingga akan menghasilkan adukan yang homogen sesuai dengan komposisi yang direncanakan. Berbeda dengan adukan tradisional yang menggunakan perbandingan tertentu antara semen dan pasirnya yang mungkin dengan campuran 1:4 yang direncanakan akan dikerjakan oleh tukang dengan campuran yang berbeda-beda. 

HEMAT WAKTU DAN BIAYA 
Proses pelaksanaan adukan dengan mortar instan lebih cepat dan kadang memerlukan material yang lebih sedikit karena cukup dengan lapisan yang tipis saja.hal ini tentunya akan berpengaruh pada penghematan biaya. 

DAYA REKAT LEBIH TINGGI 
Untuk tipe tertentu, contohnya perekat keramik mempunyai daya rekat yang lebih tinggi daripada adukan tradisional. 

MUDAH DALAM PENYIMPANAN DAN LANSIR MATERIAL, SERTA LOKASI PROYEK YANG LEBIH BERSIH 
Kemasan mortar instan dalam sak, sehingga mudah dalam penyimpanan dan lansir materialnya, selain itu juga akan meminimalisir debu akibat penumpukan pasir di lapangan. 

Semoga bermanfaat...!

0 komentar:

Poskan Komentar